Jumat, 26 Juli 2019

Inilah Cara Klaim Asuransi Mobil

Terkemuka-Saat terjadi kecelakaan atau tindak kriminal yang menyangkut mobil kita, hal pertama yang paling kita takutkan adalah apakah pihak asuransi akan memberika klaim nya? Apalagi jika kerusakan mobil kita sangat parah, bahkan sampai tidak bisa dikendarai, akan sangat fatal jika klaim dari asuransi tidak turun. Klaim akan turun dengan mudah jika anda benar-benar melengkapi persyaratan yang perusahaan asuransi anda berikan. Nasabah akan dimintai biaya risiko sendiri atau own risk atau OR. Besarnya tergantung perusahaan asuransi dan juga telah diatur oleh OJK yaitu sebesar Rp. 300.000,-  untuk setiap kejaidan.  berikut ini cara klaim asuransi mobil.



 
Pertama, saat kejadian langsung foto mobil anda. Karena foto ini akan menjadi bukti penting bahwa anda telah mengalami kecelakaan atau tindak kriminal. Untuk foto, bagian yang rusak harus benar-benar terpotret dengan jelas. Kalau bisa ditambah dengan foto lokasi kejadian karena hal ini dapat digunakam sebagai bukti pada pihak asuransi dan juga kepolisian. 

Kedua, menghubungi perusahaan asuransi, tapi sebelum anda membawa mobil anda ke perusahaan asuransi, pastikan anda sudah melengkapi persyaratan dengan lengkap. Adapun persyaratannya adalah buku polis asuransi, SIM, KTP, dan surat keterangan polisi jika kendaran anda mengalami kerusakan akibat suatu kecelakaan atau sebuah tindak kriminal. Jika anda sudah melengkapi persyaratan-persyaratan itu dengan lengkap besar kemungkinan perusahaan asuransi akan memberikan klaim nya. 

Ketiga, jika semua persyaratan sudah lengkap, anda dapat membawa mobil anda yang rusak ke bengkel mobil yang sudah memiliki kerja sama dengan perusahaan asuransi anda. Jangan sekali-kali mencoba membawa mobil anda ke bengkel yang sembarangan karena besar kemungkinan klaim anda tidak akan anda terima. 

Keempat, setelah semuanya sudah beres, anda akan disuruh mengisi beberapa lembar formulir yang akan menanyakan kepada anda detail kejadian kecelakaan atau tindak kriminal yang telah membawa kerusakan pada mobil anda. Pada pengisian formulir ini anda harus mengisi dengan detail termasuk jam dan lokasi kejadian serta anda harus mengisinya dengan sejujur-jujurnya karena akan dicross check oleh pihak asuransi dengan pilhak kepolisian dan lain-lain. Jika terjadi kebohongan maka klaim asuransi anda akan dibatalkan.
Yang terakhir, setelah semuanya beres, anda tinggal menanyakan pada bengkel yang memperbaiki mobil anda, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki mobil anda, jika kerusakan tidak begitu parah 1-2 hari mungkin cukup. Tetapi jika sangat parah maka akan membutuhkan waktu yang lama, sekitar beberapa minggu bahkan bulan.  

Bagaimana mudah bukan? Dengan proses klaim yang mudah ini maka janganlah anda khawatir untuk meng-asuransi kan mobil anda karena takut akan mengalami kerugian, karena justru sebaliknya anda akan memperoleh keuntungan yang sangat besar. Karena dengan menggunakan asuransi maka akan mengurangi pengeluaran anda untuk hal-hal yang terjadi di luar dugaan anda. Tapi dalam memilih perusahaan asuransi yang akan anda pakai pun jangan gegabah karena saat ini semakin banyak orang jahat yang akan memanfaatkan ketidak tahuan anda. Jadi saat anda memilih perusahaan asuransi mana yang akan anda pakai, pastikan anda tahu betul track and recort dari perusahaan asuransi tersebut, carilah informasi sebanyak-banyaknya, dan satu hal yang juga penting anda ketahui adalah soal perhitungan premi sehingga nantinya anda akan nyaman saat menggunakan dan sudah tidak ada was-was lagi dalam hati anda serta dapat memberikan keuntungan dalam hidup anda.


EmoticonEmoticon