Senin, 28 Januari 2019

Inilah Tema untuk Debat Kedua


Jadwal Pilpres 2019 masih menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan hingga hari ini. Debat pilpres pun sebentar lagi memasuki debat kedua. Ya, debat pertama pilpres 2019 sudah dilaksanakan dengan pertanyaan, jawaban, dan tanggapan yang membuat suasana semakin memanas. 

Debat kedua akan dilangsungkan pada tanggal 17 Maret 2019 nanti. Setelah mengusung tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme pada debat pertama lalu. Pada debat kedua nanti tema yang akan dibahas adalah tentang energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. 

Tema kedua tentunya tidak kalah menarik untuk membuat warga Indonesia menanti-nanti dengan tak sabar berlangsungnya debat kedua. Debat kedua nanti juga akan disiarkan secara langsung di sejumlah stasiun televisi dan dapat dilihat dengan jelas bagaimana aksi para paslon nantinya. Jawaban dan aksi mereka tentu akan mempengaruhi suara yang akan menang saat pilpres nanti. 

Tema kedua ini juga diangkat dari berbagai kondisi yang juga terjadi di Indonesia hari ini. Anda tentu mengetahui bagaimana energi dan pangan di Indonesia hari ini yang kerap membuat gelisah. Tidak hanya bagi pada pembeli, tetapi juga penjual bahan pangannya. 

Harga bahan pangan yang terjadi di awal tahun 2019 lalu Kementerian Pertanian pun menyatakan bahwa ada sejumlah komoditas pangan yang mengalami lonjakan harga. Di antaranya adalah daging ayam, cabai rawit, daging sapi, dan telur. Pernyataan ini dibuat setelah mendapatkan informasi dari kajian penjualan barang pokok di 18 kota besar dari 12 provinsi. Hal ini tentu saja tidak hanya terjadi di tahun baru, tetapi juga di setiap hari besar lainnya. 

Terutama saat lebaran Idul Fitri dan Idul Adha. Bahan pangan akan meningkat dengan harga sampai dengan 2 kali lipat yang membuat keresahan pada warga Indonesia, terkhususnya kalangan yang tidak mampu. Ada banyak sebab yang membuat harga ini melonjak, salah satunya bisa jadi karena permintaan pasar yang meningkat lantas persediaan bahan pangan tidak memadai. 

Dengan situasi tersebut, tentulah perlu adanya pertanyaan-pertanyaan terkait untuk diberikan kepada para paslon. Seluruh penduduk Indonesia tentu ingin melihat tanggapan dan langkah apa yang akan dilakukan oleh para paslon jika terpilih menjadi presiden Indonesia berikutnya. Inisiatif yang membangun tentunya ditunggu-tunggu untuk membuat kondisi pangan tetap stabil dan memberikan kesejahteraan bagi semua pihak. 

Indonesia pasti bisa untuk membuat kondisi pangan menjadi stabil dengan adanya potensi sumber pangan terbaik. Perlu adanya manajemen atau pengelolaan yang cerdas dan bijaksana agar tidak ada yang tertindas. Pangan yang stabil ke depannya tentu akan sedikit banyak mempengaruhi kondisi ekonomi penduduk Indonesia ke depannya. 

Pada debat kedua nanti terkait bagian tema sumber daya alam dan lingkungan hidup juga perlu pembahasan yang detail terkait pengelolaan yang akan dilakukan. Masyarakat tentu sudah banyak mendengar berita di media yang menyatakan adanya satwa keluar dari habitatnya. Kondisi ini tentunya membahayakan manusia yang tinggal di daerah sekitar. Ini bukanlah hal yang sepele, keberadaan satwa yang keluar dari habitat tentu disebabkan oleh adanya kecurangan.

Adanya oknum yang tidak bertanggung jawab merusak habitatnya. Pemerintah perlu melakukan tindak lanjut akan hal ini. Maka, tak kalah pentingnya perlu dilihat apa tanggapan para paslon terkait hal ini. Tidak hanya satwa, sumber daya alam dan lingkungan hidup ini juga terkait bagaimana menjaga kelestarian taman-taman yang ada di Indonesia agar tetap lestari. Salah satu manfaatnya untuk jantung kota di tengah-tengah banyaknya polusi udara.

Tema-tema debat yang diambil pada dasarnya merupakan hal-hal yang selama ini masih menjadi PR bagi Indonesia sendiri. Tema tersebut diangkat dengan harapan masyarakat menjadi tahu perihal pandangan kedua paslon dalam menyikapi berbagai permasalahan yang ada. Dengan begitu masyarakat bisa lebih mantap memilih paslon yang akan dipilih saat jadwal pilpres 2019 tiba nanti.


EmoticonEmoticon