Minggu, 30 Desember 2018

Inilah Solusi Jitu Untuk Mengatasi Balita Susah Makan

Terkemuka - Apakah anda pernah mengalami kondisi dimana balita susah makan? Jika iya, maka anda tak perlu khawatir. Kami punya cara jitu mengatasi balita susah makan. Karena beberapa banyak anak anda makan, tentu akan berbeda dengan anak yang lain. Biasanya anak-anak nantinya akan makan lagi di jam makan selanjutnya atau dengan makan makanan selingan untuk menebus porsi makannya yang tadi hanya sedikit.

Untuk mengatasi balita susah makan, pastinya Anda tidak sendirian. Karena banyak orang tua yang menyerah saat menghadapi anaknya yang sulit makan makanan sehat. Bahkan mereka sempat merasa frustasi dan stres ketika menghadapi situasi seperti ini.



Tips Mengatasi Balita Susah Makan

Di bawah ini akan kami sampaikan beberapa tips jitu yang menjadi solusi anda yang saat ini sedang menghadapi masalah balita yang susah makan. Anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir, sebab masalah sulit makan yang terjadi pada anak adalah sebuah hal yang normal.

Ajak si kecil makan bersama

Sebenarnya waktu makan menjadi salah satu waktu terpenting untuk keluarga supaya bisa fokus berkomunikasi dan juga mempererat bonding. Anda bisa mengajak si kecil makan bersama, dengan demikian ia bisa meniru apa yang anda makan. Sebaiknya anda juga jangan sampai lupa makan makanan bergizi seperti buah dan sayur. Supaya si kecil juga ingin makan sayur seperti anda.

Buat Tampilan Makanan yang Menarik

Sebaiknya anda berikan si kecil makanan yang lezat dan disajikan dengan penampilan yang menarik. Berikan pula dalam porsi dan jumlah yang cukup. Jangan terlalu banyak porsinya. Supaya anak bisa menghabiskannya. Yang harus anda ingat adalah, jangan memaksa anak untuk menghabiskan semua makanannya. Ketika anak sudah merasa kenyang, maka mereka boleh menghentikan makan.

Jangan Memberi Sogokan

Memberikan sogokan bukan sebuah hal yang baik untuk anak. Menyogok atau memberikan ancaman pada anak agar mereka mau makan bukan hal baik. Bila anak tidak mau makan, maka sebaiknya terima saja penolakannya. Meski anda merasa khawatir, jangan tunjukkan bahwa anda merasa kesal.

Sabar Menghadapi Si Kecil yang Sulit Makan

Anda juga harus ingat bahwa 30 persen anak-anak itu akan melalui fase tidak menginginkan makanan apapun. Banyak alasan yang mendasarinya seperti perut tidak enak, gigi tumbuh, hingga tidak suka pada menu yang dihidangkan. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah menunggu Si Kecil lapar. Ini tentunya bisa membuat Anda kehilangan kesabaran. Namun hal ini akan lebih baik, daripada Anda harus memaksanya untuk makan sampai ia menangis.

Bagaimana Camilan Si Kecil
 
Sebaiknya tetap penuhi pola makan 3 kali sehari yang nantinya diselingi dengan 2 kali camilan. Biasanya balita tak akan makan cukup dalam satu waktu. Sehingga agar tetap merasa kenyang sampai tiba waktu makan selanjutnya. Sebaiknya anda berikan camilan yang sehat diantara waktu makan si kecil.

Camilan yang baik untuk si kecil diantaranya adalah: irisan daging, potongan buah, yoghurt, biskuit gandum dengan selai kacang atau keju rendah lemak. Sebaiknya anak jangan ditawarkan camilan saat mendekati makan malam. Bila waktu makan selanjutnya ternyata masih beberapa jam lagi, maka Anda boleh memberikan camilan. Perut yang kosong saat waktu makan berarti peluangnya akan semakin besar untuk bisa menghabiskan makanannya.

Dengan menerapkan beberapa tis mengatasi balita susah makan yang dibagikan di atas tadi, maka anda sekarang sudah tak perlu khawatir lagi. Sekarang anda sudah tahu bagaimana solusinya agar anak mudah untuk makan makanannya.


EmoticonEmoticon