Minggu, 30 Desember 2018

7 Tanda Tanda Melahirkan Sudah Dekat yang Harus Anda Kenali


Tanda tanda melahirkan


Tanda tanda melahirkan wajib diketahui oleh anda para ibu hamil yang usia kehamilannya sudah memasuki 37 minggu. Hal ini dikarenakan tak lama lagi, sang buah hati akan lahir ke dunia. Dengan anda mengetahui tanda-tandanya, anda bisa menyiapkan segala sesuatunya secara baik. Hal tersebut tentu saja juga berpengaruh terhadap kesehatan anda dan calon bayi nantinya.

Mengetahui tanda kelahiran sangat dianjurkan untuk anda para ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal. Berbeda halnya jika anda ingin melahirkan dengan operasi caesar. Anda bisa melakukan proses persalinan secara caesar kapanpun itu asalkan fisik calon bayi sudah cukup untuk dilahirkan. Tanda melahirkan itu sendiri seringkali terlihat saat beberapa minggu atau hari sebelum masa bersalin.

Tanda Tanda Melahirkan
Untuk membantu anda melakukan berbagai persiapan menjelang persalinan, berikut kami bagikan beberapa tanda melahirkan selengkapnya.

1. Kontraksi
Salah satu tanda anda akan segera melahirkan ialah kontraksi. Perlu diketahui, kontraksi palsu sebenarnya sudah muncul semenjak kehamilan memasuki usia trimester tiga. Hanya saja, apabila masa persalinan sudah dekat, anda akan lebih sering mengalami kontraksi, baik itu kontraksi yang asli maupun palsu.

2. Sulit Tidur
Kesulitan untuk tidur dalam beberapa hari juga menandakan bahwa anda akan segera melahirkan. Hal ini dikarenakan kesulitan tidur bisa menjadi wujud kontraksi yang sifatnya halus. Nantinya, anda bisa mengalami pecah ketuban secara tiba-tiba.

3. Keluar Lendir dari Vagina
Tanda tanda melahirkan selanjutnya ialah keluar lendir dari vagina. Selama masa kehamilan, leher rahim ditutupi oleh lendir kental yang berperan penting dalam melindungi janin supaya tak terkena infeksi dari luar. Ketika masa persalinan sudah dekat, leher rahim akan melebar sehingga lendir kental tersebut terlepas. Lendir tersebut akan keluar bercampur dengan darah lewat vagina.

4. Nyeri Punggung dan Sakit Perut atau Kram
Gejala yang satu ini termasuk tanda melahirkan yang sudah sangat umum dirasakan ibu hamil. Saat anda mengalami gejala ini, perut anda akan terasa mengeras. Hal ini dikarenakan calon bayi sudah mulai turun ke arah mulut rahim. Selain itu, anda juga akan merasakan nyeri punggung seperti halnya menjelang menstruasi.

5. Ketuban Pecah
Ketika ketuban pecah, air ketuban akan keluar lewat vagina. Hal ini menjadi pertanda yang paling jelas bahwa anda akan segera melahirkan. Air ketuban itu sendiri berupa air yang berwarna putih bening. Dalam mengalami pecah ketuban, ada air ketuban yang keluar secara menetes atau bertahap dan ada pula air ketuban yang mengucur deras. Sebelum pecah ketuban, pada umumnya ibu hamil akan mengalami kontraksi terlebih dahulu. Meski begitu, ada juga ibu hamil yang sama sekali tak diawali dengan kontraksi.

6. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat
Selang beberapa jam atau minggu sebelum memasuki masa persalinan, calon bayi akan turun ke bagian tulang panggul anda. Kondisi tersebut membuat rahim anda bersandar lebih sering di bagian kandung kemih. Hal ini membuat frekuensi buang air kecil anda menjadi semakin meningkat jika dibandingkan dengan biasanya. Anda harus memperhatikan tanda yang satu ini meski terkesan sepele.

7. Perubahan Serviks
Tanda tanda melahirkan lainnya ialah jaringan serviks anda akan melunak atau elastis. Apabila sudah pernah melahirkan, maka serviks anda akan lebih mudah membesar, yakni 1-2 cm sebelum masa persalinan dimulai. Akan tetapi, apabila anda baru pertama kali mengalami masa ini, maka pembukaan serviks sebesar 1 cm tak bisa menjadi tanda bahwa anda akan segera melahirkan.


EmoticonEmoticon