Sabtu, 13 Oktober 2018

4 Tips Menghadapi Anak yang Rewel


Banyak sebab yang membuat anak menjadi rewel sehingga tidak makan dan tidur. Anak akan terus berulah ketika ada keinginannya yang tidak dipenuhi. Anda perlu mengatasi masalah ini agar anak bisa menjadi penurut dan tidak rewel lagi. Berikut tips parenting anak yang bisa diterapkan secara cepat saat menghadapi anak rewel. 

1.    Mengalihkan Perhatian

Anak akan mengamuk dengan menunjukkan tanda-tanda yang bisa dipahami. Ketika Anda melihatnya maka segera alihkan perhatiannya dengan sebisa mungkin. Misalnya ketika anak akan rewel saat meminta sebuah mainan, Anda harus bisa memujuknya dan mengalihkan perhatian ke yang lain. 

Anda dapat mengajaknya makan es krim atau makanan lain yang disukainya. Pujuklah dengan lembut sampai perhatian anak dari hal yang dapat membuatnya rewel teralihkan dengan baik. Anda tentu dapat memahami dengan baik kapan anak sudah berhasil dialihkan. 

2.    Gunakan kalimat Positif

Ketika anak rewel, orang tua pada umumnya akan ikut marah-marah sehingga membuat anak semakin rewel dan susah didiamkan. Cara ini salah jika terus saja diterapkan karena anak tidak akan memahaminya. Cobalah untuk menerapkan tips parenting anak ini dengan menggunakan kalimat yang positif dalam menghadapi kerewelan anak.

Berikan anak pemahaman secara perlahan dengan menggunakan kalimat yang positif. Misalnya ketikan anak rewel tidak mau tidur maka arahkan anak dengan memberikan anak kegiatan menyenangkan esok hari. Langkah ini akan membuatnya mau tidur dengan mudah tanpa rewel lagi. 

3.    Membiarkan Anak Berekspresi

Ada kalanya anak rewel tanpa sebab dan Anda memiliki suasana hati yang tidak baik. Ketika berada pada kondisi ini sebaiknya untuk membiarkan anak berekspresi sepuasnya. Setelah ia lelah maka akan berhenti sendiri, saat ini lah Anda mulai menanyakan penyebabnya dan memberikan tanggapan. 

Jangan hadapi anak dengan emosi Anda yang juga tidak terkendali karena dapat menimbulkan tindakan pukulan pada anak. Hal ini tentu tidak baik dan berdampak buruk bagi anak karena Anda akan terkesan orang tua yang jahat. 

4.    Jauhi dari Penyebab

Sekali dua kali ketika anak rewel, Anda bisa mengatakan tidak memahaminya. Selanjutnya Anda harus paham apa yang bisa membuat anak menjadi rewel. Tujuannya agar bisa menjauhi anak dari penyebab yang membuatnya menjadi rewel. 

Kenali dengan baik raut wajahnya ketika sudah merasa kesal, sedih, atau pun senang. Langkah ini bisa dilakukan oleh Anda yang memiliki banyak waktu untuk anak di rumah dibandingkan kesibukan lainnya di luar rumah. 

Ibu adalah kunci utama pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga perannya sangatlah penting. Segala tips parenting anak dapat berjalan dengan baik jika Anda selaku ibu memiliki waktu yang cukup untuk bersama anak-anak. Ingatlah bahwa kasih sayang merupakan sebuah kunci terbesar dalam mendidik dan membentuk karakter anak ke depannya.


EmoticonEmoticon